The “New Search Engine”

Well, ini sekedar apa yg terlintas di benak gue aja ya. Sering ngga sih kita merasa sangat terbantu sama fitur Search / Cari dengan icon “🔍” ? Yess… gue banget ini yang suka nyari file yg entah di mana itu lokasinya.. gampang banget cuma tinggal ketik kata kuncinya aja. Apalagi pas lagi baca e-book/jurnal, supaya cepet langsung baca yang kita cari, tinggal tekan Ctrl+F terus ketik kata kuncinya. Sering banget begitu itu udah otomatis dah! Di handphone juga kan ada fitur cari tuh, khususnya di Setting / Pengaturan. Favorit banget dah, soalnya bingung cari lokasi pengaturan ukuran font, ya misalnya. Kita tinggal ketik di tab pencarian: ‘Font’. Taraa.. hemat waktu! Wkwkw apaan sih.

Kebayang nggak sih kalau di dunia nyata, bisa ada fitur pencarian yg kayak gitu? Misal nih, lupa naruh remote TV dimana yaak. Wkkw. Tapi pernah denger itu ada inovasi, kita tempel alat bluetooth GPS di barang-barang yg sering ilang. Terus kalau alat track GPS nya yg ilang gimana yak. Wkkw apaan sih.

Tapi kalau di dunia nyata udah ada sih fitur pencarian yg mirip, Perpustakaan! Yap. Kita bisa cari tau ketersediaan dan lokasi buku yg kita mau, dengan sistem informasi perpustakaan tersebut secara online. Nah, ini nih yg gue terapin di laptop gue. Bikin folder judulnya Perpus. Hahaha. Gue masukin dan atur semua file handout kuliah, gambar, video, dan banyak e-book berguna lainnya di folder Perpus. Kalau gue mau cari topik tertentu, ya tinggal manfaatin fitur Search, ketik kata kuncinya. Dan taraaa.. kalau emang punya arsip file-nya, enak deh.. nggak perlu lagi cari di internet (berguna banget pas nggak ada kuota internet hehehe…).

Nggak cuma di laptop, gue juga manfaatin media sosial Telegram. Gue bikin channel namanya Petani Now. Dari awal niat buat channel itu untuk me-refresh dan meng-update ilmu dari kuliah gue, yaitu Pertanian. Seenggaknya meskipun gue nggak jago praktek pertaniannya, gue tetep harus update nih sama perkembangan pertanian kita. Eaaa… Di channel itu gue share tips, berita terkini, info menarik, info webinar (yg lagi hits nih webinar free e-certificate, doorprize, ilmu bermanfaat wkkwk), dan lainnya. Channel itu sekarang ada 700-an pelanggan, tapi viewsnya tiap hari cuma 100-an. But, it’s okay! Because personally, that channel is my own library. Gue tambahin hashtag tuh di tiap kata kunci penting, supaya gampang carinya. Misal #organik , kalau diklik langsung muncul tuh postingan lain yang mengandung topik organik. Ini bermanfaat buat gue untuk mendukung kuliah dan insyaAllah karir ke depan. Aamiin Ya Allah 🙏

Soooo….. itu tadi the new search engine” yang gue maksud. Hihihi… Karena mungkin, lambat laun kita tidak lagi memerlukan the real search engine yg ada saat ini (?) 😅✌️

Tinggalkan komentar